Tentang BLOG

Blog ini sendiri banyak berisi tentang sejarah perjuangan dan kemegahan kesultanan aceh di masa lampau, kisah pejuang aceh yang sangat perkasa, sejarah sejarah kesultanan lainnya di nusantara serta kisah medan perang yang jarang kita temukan. semoga bisa menjadi motivasi bagi kita bersama untuk terus menggali sejarah dan untuk menjadikan sejarah sebagai motivasi dalam kehudupan kebangsaan kita.

Selasa, 09 Januari 2018

Kronologi Perang Cumbok

KRONOLOGIS PERANG CUMBOK
Pendapat yang cukup santer namun sukar untk dibuktikan adalah bahwa Ulebalang masih tetap pro Belanda dan masih menginginkan mareka kembali ke Aceh.Ule balang di tuduh telah membentuk sebuah comite van ontvangst untuk menyemput Belanda kembali.

SM Amin pemimpin perjuangan pada masa revolusi menyangsikan ada nya upaya UB membentuk komite itu untuk menyambut belanda .Prof Nazaruddin syamsuddin juga meragukan issu tersebut.komite itu tidak pernah ada dalam kenyataan .kemungkinan sekali berita tentang penitia penyambutan  itu sengaja di hembus kan oleh kelompok ulama yang anti Belanda dan ule balang..

Dalam rangka inilah unsur UB di dramatisir sebagai kelompok yg akan menarik keuntungan bila mana Belanda datang kembali keaceh.dengan cara demikian di harapkan timbul kembali ingatan rakyar akan dendam kepada UB yg pro Belanda
para pemimpin UB mulai menyusun strategi untuk memperkuat dan menguasai cumbok

para pemuda pesindo ditugas kan untuk mengawal kantor kantor pemerintah di lammeulo.Tentara Ub di perintah kan untuk  menangkap anggota PRI yg ditugas kan oleh pemerintah daerah Aceh untuk menjaga kantor pos dan telpon di lammeulo..akibat nya terjadi lah benturan benturan kecil antara para  pemuda PRI dan pasukan UB cumbok.

Paad tanggal 3 november 1945.UB cumbok mengambil alih kantor PRI lam meulo dan sejak saat itu tdk ada pemimpin PRI yg di izin kan berada dan masuk ke lam meulo.
tindakan pasukan UB mengundang keprihatinan pemda Aceh.untuk menyekesaikan masalah dengan damai ketua KND Tuanku mahnud di kirim ke lam meulo.namun tdk mendapat sabutan yg baik dari fihak UB.

setelah lam meulo berhasil di kuasai UB berencana menduduki Sigli.Pada tanggal 25 november 1945 jam 12 UB masuk kota sigli untuk mengambil senjata jepang yg pada masa itu masih menduduki kota sigli.

sementara itu PRI dan TKR di bawah pimpinan syamaun gaharu dan  T azwar hamid pun tiba di kota sigli untuk merunding penyerahan senjata jepang.perundingan ini di bocorkan oleh perwira TPR Letnan Abdullah dan Letnan Bakhtiar menceritakan kepada fihak UB bahwa jepang tidak akan menyerah senjatanya kepadaTPR.akibat nya fihak UB menyebar pasukan nya ke Sigli dan menguasai tempat tempat strategis.banyak orang ditangkap krn di duga sebagai pendukung PUSA.dan orang dari luar di larang masuk kota sigli.

Dengan menguasai kota UB berusaha menguasai senjata Jepang agar tidak jatuh ke tangan lawan.di fihak lain dengan mengetahui bahwa sgli sudah dikuasai oleh UB.maka puluhan ribu warga dan simpatisan PUSA nengepung kota untuk mencegah Jepang tidak menyerahkan senjata kepada fihak UB.jika senjata ini diserah kan kpd fihak UB kekuatan mareka semakin tidak tertandingi

Syamaun Gaharu dan T azwar hamid tdk dapat menguasai keadaan.mareka meminta residen T nyak arif untuk turun tangan guna mencegah terjadi nya pertempuran kedua belah fihak.Residen mengirim T Ali panglima Polem.tugas delegasi itu bukan untuk mekerai pertikaian  antara UB dengan warga.   
melainkan hanya berunding dengan Jepang krn menurut mareka puncak pertikaian antara kedua nya berpunca pada masalah senjata jepang.

perundingan berlangsung tanggal 3 desember 1945 di pimpin olrh T Ali panglima polem untuk menghindari pertumpahan darah mendesak fihak jepang supaya tidak menyerahkan senjatanya kepada salah satu fihak yg bertikai.didesak jepang agar menyerah kan senjata kepada TKR sebagai tentara resmi RI

ketika perundingan itu sedang berlangsung.ketika naskah perjanjian penyerahan senjata sedang di teken.rakyat yg semula sedang mengepung kota sigli mulai bergerak memasuki kota.maka makin terbuka pula kemungkinan terjadi perang secara frontal dengan  BPK (UB) yg tertahan di kota.Dalam usaha mengendalikan gerak rakyat.Syamaun Gaharu melepaskan tembakan peringatan.
Tembakan peringatan dari Syamaun ini mengundang bencana tembakan ini telah menyebab kan salah pengertian antara dua kelompok(Ub dan Pusa) yg bertikai. fihak PuSa menilai itu sebagai aba aba dari UB
 sehinga perwira TKR ini melarikan diri dari tempat kejadian.peristiwa ini menyebab kan Syamaun gaharu di tangkap atas tuduhan berkomplot dengan UB. akibat kesalaha fahaman tersebut kota sigli bersimbah darah dua golongan itu terlibat pertempuran yg sengit berlangsung sejak tanggal 4_6 desember 1945  para pemimpin daerah dan TPR dibawah pimpinan syamaun gaharu dan T azwar hamid berupaya menghentikan pertempuran.akhir nya pertempuran berhasil di hentikan pada tanggal 6 desember 1945.kedua belah fihak di minta untuk kosong kan kota sigli
senjata yg diserahkan jepang kepada UB harus diserahkan kembali kepada TKR sebagai tentara resmi RI.apabila terjadi kekacauan kedua belah fihak harus bertanggung jawab.inbauan ini mendapat sambutan yg baik dari kedua belah fihak.keduanya setuju menarik pasukan keluar kota sigli dan fihak UB juga setuju menyerah kan senjata yg direbut nya dari jepang kepada TKR.

Ketaatan terhadap perstujuan bersama ini tidak berlangsung lama.pertempuran tetap terjadi di luar kota sigli..markas UB tidak mengembalikan senjata jepang kepada TKR..Pada tanggal 10 desember 1945.markas UB mengadakan pertemuan di Rumah Teuku laksamana Umar Njong di Leung putu.guna membahas langkah langkah lebih lanjut  terhadap perkembangan situasi

Pertemuan Leung putu mengakibatkan markas UB berindak tegas. maereka mendirikan badan kelaskaran di bawah pimpinan Teuku Muhammad Daod ule balang Cumbok.mareka mulai menyerang kampung kampung basis kekuatan musuh nya.Markas UB akan menindak tegas terhadap penentang gerakan mareka diharap kan akhir desember rencana sdh terlasanakan.

Dengan senjata berat yg mareka miliki tentara UB pada tanggal 10 desember 1945 mulai menembaki kampung disekitar leung putu.meutareum yg menjadi pusat para Pemuda PRI pada tanggal 20 des mareka membakar gedung sekolah di Titeu serta kantor kehakiman

Karena meningkat nya aksi markas UB.Pemda Aceh bersama TKR pada tanggal 21 desember 1945 membentuk Markas Besar Rakayat Umum atau MBRU yg terdiri dari TKR.PRI.polisi.Pesindo.sdan organisasi masa lain nya untuk melawan markas UB.Seluruh daerah pidie mendiri kan barisan perjuangan di bawah komando MBRU.akhir nya markas Ub pun meningkat kan serangan nya.pada tanggal 30 desember markas Ub kembali menyerang meutareum.ilot.lala dan langga mengakibat kan kampung kampung tersebut rusak berat dan kantor cabang pesindo hancur serta tewas ketua cabang Pesindo langga.

markas MBRU mengawali gerakan nya dengan mengeluarkan maklumat yg dituju kan kepada Rakyat isi nya antara lain jangan membakar rumah dan mengambil harta orang.tawanan yg di tangkap harus di perlakukan dengan baik.suatu seruan secara psikologis menarik simpati rakyat.

Dengan senjata yg cukup tangguh markas UB sama seksekali tidak memperdulikan isi ultimatum dari Pemda Aceh pertempuran terus berlangsung terutama di lam meulo.leung putu Beureueh dan keumala.Pasukan Pemda Aceh di bantu oleh pasukan sipil spt Mujahiden.pesindo dan pasukan rakyat milisi dari luar pidie.pasukan gabungan ini memfokus diri kedaerah lammeulo sebab pemimpin markas UB Teuku sri muda bentara pahlwan cumbok Muhammad Daod bermarkas di sana.dengan bertambah nya perang ini pemda Aceh khawatir akan bahaya yg mengancam.teruttama dalam kaitan dengan kekuatan perjuangan yg di butuh kan guna menghadapi NiCA

pada  tanggal 6 january 1946 MBRU mengadakan sidang membahas situasi pidie.pada tanggal 8 january mareka kembali bersidang dihadiri oleh tokoh tokoh MBRU syamaun Gaharu dari TKR.Teungku Muhammad Daod Beureueh dari mujahidin.Ali hasyimi dari Pesindo ismail yakop tokoh PuSa tapi  mewakili PNI.Husen  yusuf dan Muhammadsyah dari TKR.

Setelah sidang pd tanggal 8 january itu  Komite nasional Daerah Aceh (KNIDA) juga pemerintah Ri daerah Aceh(markas umum Daerah aceh) mengeluarkan ultimatum dan maklumat kepada  Markas UB di Lammeulo.ultimatum ini di tanda tangani oleh wakil residen T.Ali panglima polem dan syamaun gaharu selaku ketua markas umum daerah Aceh.

sidang ini bertujuan untuk melakukan usaha gencatan senjata bagi kedua belah fihak yg berseteru.sidang di hadiri oleh Husen yusuf.syamun gaharu Ali hasyimi.muhammad syah. ismail jacob mewakili Pni dan Teungku Daod Beureueh dari mujahidin absen .

Dalam maklumat tersebut Pemda Aceh dan markas umum daerah Aceh menyatakan antara lain. setelah diselidiki secara mendalam.bahwa mareka yg mengadakan perlawanan terhadap mareka di Cumbok dalah Musuh Negara Republik indonesia.dan di peringatkan kepada yg sdh terpengaruh dengan mareka agar menghindar kalau tidak akan di kena kan hukuman sesuai dengan kesalahan nya.

Ultimatum yg mengiringi maklumat itu ianya memerintahkan mareka para pengkhianat negara Ri agar hari kamis tanggal 10 january 1946 jam 12 siang menghentikan perlawanan kalau tidak akan di tunduk lan dengan kekerasan.#bersambung

Dalam situasi genting  dimana satu sama lain  ingin nengakhiri dan memenangkan perang.bermacam macam strategi yg dilakukan kan.kemampuan dalam adu senjata hal yg penting.namun disisi kain adu kepintaran merebut simpati rakyat bagian dari strategi perang

Mr SM Amin mengatakan bahwa menuduh "pengkhinat dan musuh RI" adalah strategi perang.dengan nengeluarkan maklumat dan ultimatum dapat di ambil kesimpulan bahwa tindakan PUSA yg semula liar telah menjadi legal

Ultimatum tidak di indahkan oleh UB.aksi mareka semakin meningkat daerah yg paling parah di landa aksi perlawanan mareka(UB) adalah lammeulo.leung putu.pante raja.treng gadeng. merdu dll.

Ada dua faktor yang menentukan sehingga kaum UB menolak ultimatum itu untuk menyerah.pertama kemampuan mareka untuk bertempur sampai menang  mengingat persenjataan mareka jauh lebih kuat dari TPR apalgi dengn senjat yg di miliki oleh milisi dibawah MBRU
kedua..hukuman yang dijatuh kan kepada mareka justru justru oleh pemerintahan  sendiri melalui maklumat itu sebagai pengkhianat dan musuh Ri.bahkan di pertegas kan lagi oleh kelompok lawan sebagai kaki tangan NiCA
pengkhianat agama dan bangsa tampak nya terlalu berat di rasakan oleh mareka dan besar sekali konsekwensinya.mareka memperkira kan setelah mareka menyerah para pemimpin mareka akan di hadapkan kehadapan mahkamah revolusi dan di hukum mati.mareka bertekad melawan sampai mati di medan pertempuran.maka tak heran ketika di periksa oleh M nur el ibrahimi Teuku Daod Cumbok berkata
Teungku tidak usah memeriksa
saya lagi. Saya sudah tahu hukuman apa yang bakal ditimpakan ke atas diri saya. Saya tidak gentar menghadapi hukuman itu. Sekiranya saya menang,hukuman serupa akan saya jalankan ke atas kalian." (T.Daud Cumbok.

Setelah batas waktu habis.maka TPR dengan di dukung milisi rakyat di bawah komando MBRU mulai bertindak.sartu demi satu kota direbut dari tangan markad Ub.
serangan ke leung putu dilakukan pada tanggal 7 january 1946 di pimpin oleh Nyak hasan dibantu oleh Tengku Ahmad Abdullah. tgk Husen. tgk zainal abidin dan peutua Ali dari jurusan selatan..

A Gani mutiara.Syamaun Gaharu.Raja Uma.Muh Taher dan Daod hasan dari jurusan timur.akhir nya leung putu jatuh ketangan milisi MBRU benteng Leung putu di bakar dan Teuku Laksamana Umar tewas dalam pertempuran tersebut dan oleh pengikut nya dibawa ke Teupin raya dan dimakam kan disana#bersambung

Kemudian seluruh kekuatan TPR dan milisi dibawah kendali MBRU dialih kan ke Lameulo markas besar UB.pada tanggal 13 januari 1946 TPR dan MBRU berhasil merebut Cumbok meskipun di pertahan kan dengan sekuat tenaga.serangan di lakukan dari segala penjuru dengan di bantu oleh pasukan milisi tambahan dar luar pidie

Setelah di kepung oleh pasukan gabungan Pemda Aceh dan milisi milisi sipil bersenjata maka pada tanggal 13 januari 1945 markas besar UB berhasil di rebut.tetapi pemimpin UB Teuku muhammad Daod cumbok beserta paukannya berhasil lolos dan menguasai perbukitan antara pidie dan Aceh rayeuk.pada tanggal 16 januari 1945 melalui pertempuran kecil mareka erhasil di tangkap di kaki gunung Seulawah dan dibawa ke sigli kemudian ke kantor cabang  di garot dari garot di evakuasi ke sanngeu untuk di adili.

 Mereka diperintahkan meneriakkan "Merdeka" sambil mengangkat sebelah tangan dengan kepalan tinju.tapi  TeukuDaud cumbok tetap pada penderiannya,menolak pekik MARDEKA....akhir nya mareka mengirim Daud cumbok untuk menghadap TuhanNya dengan sebutir peluru "merah putih." dengan eksekutor teungku Ahmad abdullah.  berbaring ditepi kubur mengucap dua kalimah syahdat seraya memberi aba aba kepada algojo yg mau menghukum mati dirinya..

Dengan demikian peristiwa Cumbok telah berlangsung selama 2 bulan secara fisik telah dapat di patahkan.namu tidak berarti berbagai akibat yg timbul.seperti masalah harta rampasan peninggalan UB.perlindungan terhadap famili atau keluarga.bahkan lanjutan perang saudara ini segera nampak kembali meski pun tdk sehebat yg pertama.rupanya serum yg di suntik oleh Belanda dan Snouc horgronje yakni penyakit pecah belah adu domba masih  saja terjangkit di masyarakat Aceh dan tdk sembuh dengan berakhir nya perng Cumbok.pada awal Februari 1946 Husen Mujahed mebentuk
Tentara Perjuangan Rakyat (TPR) di Idi, dengan mana ia bermaksud untuk membersihkan semua sisa ulebalang di seluruh Aceh.dalam aksi  berdarah mareka membantai dan membunuh TR sabi anak semata wayang Tgk chik ditunog dan Cut mutiaserta Ub lainya yg ridak terkait dengan Cumbok.
Dengan segera Aceh Timur mengalami aksi pembersihannya. Kemudian pasukannya bergerak ke utara, dan akhirnya menekan Kutaraja karena pemerintah tidak mampu menghentikannya. Di sepanjang jalan ke Kutaraja, ratusan keluarga ulebalang dan para pemimpin nasionalis dibunuh atau dikirim ke tempat tahanan di Aceh Tengah, dan anggota-anggota PUSA ditempatkan pada jabatan-jabatan yang ditinggalkan mereka gerakan TPR menyebabkan berdirinya rezim PUSA di Aceh setelah semua pejabat bukan-PUSA diberhentikan dari pemerintahan lokal, dan sebagai gantinya diangkatlah pejabat yang berorientasi pada PUSA.
Beberapa Ub yang tewas dalam peristiwa Cumbok diantara nya.
1.Teuku Daod cumbok
2.Pocut Umar keumangan
3.Teuku umar njong
4.Teuku Muda Dalam Bambi uno
5.Teuku M Ali samaidra
6.Teuku Ali ie leubeu
7. Teuku Hamid gigieng
8.Teku cut Hasan.keluarga UB dari meuraxa
9.Teuku Muh Said Cunda
10.teuku banta Ahmad glp payong
11.Teuku Husen simpang Ulim
12.Teuku pakeh sulaiman pidie
13.Teuku Muhammad Keumangan
14.Teuku Hasan keumala.
15.Teuku chik Meureudu.
15.Teuku sulong Meureudu dll#pemberontak kaumrepublik.prof nazaruddin.Sm Amin.......isa sulaiman dkk aceh dari komplik kedamai dll)
Teuku Laksamana Oemar Njong


Teuku Umar Keumangan dan Teuku Bintara Ibrahim Pineung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar