Tentang BLOG

Blog ini sendiri banyak berisi tentang sejarah perjuangan dan kemegahan kesultanan aceh di masa lampau, kisah pejuang aceh yang sangat perkasa, sejarah sejarah kesultanan lainnya di nusantara serta kisah medan perang yang jarang kita temukan. semoga bisa menjadi motivasi bagi kita bersama untuk terus menggali sejarah dan untuk menjadikan sejarah sebagai motivasi dalam kehudupan kebangsaan kita.

Sabtu, 15 Desember 2018

TEIN BLOEDIGE JAREN

TIEN BLOEDIGE JAREN

Pada tahun 1884 masa pemangkuan Sultan Aceh telah berlangsung selama 10 tahun.berhubung Tuanku Muhammad Daodsyah sdh dewasa.pada Akhir 1884 Tuanku Hasyim Banta Muda Menyerahkan kembali pemerintahan kepada Tuanku Daodsyah.

Dalam suatu upacara Resmi di masjid Indrapuri.Tuanku Muahhad Daodsyah dinobat sebagai Sultan Aceh dengan Gelar Sultan Alaidin Muhammad Daodsyah fil zillahi Alam johan berdaulat bersamaa dengan di pindah nya Ibu kota kerajaan  Ke Keumala Pidie

Pada upacar penObatan Sultan di masjid Indrapuri.para pemimpin Aceh  Spt Tuanku Hasyim banta Muda.Panglima Polem Ibrahim Muda kuala.Teungku Chik Muhammad saman Ditiro dll.kembali mecetus kan Ikrar Prang sabil melawan Belanda.ikrar seruoa yg esensi nya sama dengan Ikrar yg telah di cetus kan di DALAM ketika menyambut perang pertama Lawan Belanda.

DAN Juga sama dengan musyawarah para tokoh Aceh bersama Sultan Daodsyah di garot pada bulan januari 1877 hanya saja bahasa dan waktu nya saja yg berbeda.tujuan adalah memperbaiki semangat juang.

Dengan Ikrar ini selama petang telah melahirkan banyak pejuang dan umum nya nateka Syahid di medan pertempuran diantara nya yg cukup terkenal Teuku imum leung bata.Panglima Polem Mahmud Cut Banta.(meninggal 1879)
Panglima Polem Ibrahim Muda Kuala(meninggal 1891).Tuanku Hasyim banta muda(meninggal 1897). Teuku Ibrahim Lamnga (syahid 1878).Teungku Chik Muhammad saman Ditiro(syahd 1891.)Teungku muhammad Amin ditiro(reubah syahid tahun di banteng aneuk galong 1896) Teuku panglima Nyak makam syahud di potong kepalanya tahun 1896 .Teuku Umar syahud 1899.dan masih banyak lagi yg reubah syahid demi narwah bangsa Aceh.

Karena Ikrar Tersebut sejak 1899 Belanda melancar kan serangan besar besaran sehingga masa 10 tahun berdarah yaitu 1899-1909 telah merenggut 21 865 jiwa rakyat Aceh atau 4% dari rakyat Aceh masa itu syahid demi mempertahankan tanah air nya.jumlah korban tersebut dilapor kan oleh van t veer dalam bukunya  sebagai Tein Bloedige jaren masa 10 berdarah

1 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus