Tentang BLOG

Blog ini sendiri banyak berisi tentang sejarah perjuangan dan kemegahan kesultanan aceh di masa lampau, kisah pejuang aceh yang sangat perkasa, sejarah sejarah kesultanan lainnya di nusantara serta kisah medan perang yang jarang kita temukan. semoga bisa menjadi motivasi bagi kita bersama untuk terus menggali sejarah dan untuk menjadikan sejarah sebagai motivasi dalam kehudupan kebangsaan kita.

Jumat, 05 Desember 2014

4 DESEMBER LANJUTAN PERJUANG PERANG KEMERDEKAAN ACEH


4 Desember,Itu lah hari setelah Belanda menembak dan membunuh kepala negara Aceh sumatra yang terakhir,tgk Chik maat ditiro dan sebuah pertempuran sengit di alue bhot.Tangse 3 desember 1911.karena itulah belanda menganggap 4 desember 1911 sebagai hari berakhirnya kedaulatan negara aceh dan sebagai hari kemenangan terakhir Belanda atas kerajaan aceh sumatra.sebagaimana yg ditgas kan oleh Kolonel J schimidt,Komandan perang belanda dalam pertempuran alue bhot.
akan tetapi semua ini tdk benar,,,negara aceh tak pernah menyerah kepada Belanda baik secara de jure atau de facto.pemerintah aceh tdk pernah menanda tangani pasal pasal persetujuan penyerahan atau perdamain dengan Belanda.perjuangan tetapberlanjut,bendera aceh tetap berkibar setengah tiang untuk menghormati kenangan kepahlawanan Kepala negara aceh yang masih muda. TGK CHIK MAAT DITIRO yang gugur dalam mempertahan kan tanah airnya,pada umur yang masih sangat muda,16 tahun.
setelah TGK chik mayeddin ditiro dan istrinya Pocut putro Gambang wafat dan TGK Chik dibuket ditiro syahid di tangse pada tahun1910,dan setelah TGK maat ditiro syahid pada tgl 3 desember 1911.perlawanan rakyat aceh terhadap belanda berlanjut tanpa komando.
Sebelum sultan menyerah pada tahun 1903.sultan muhammad daudsyah telah mendelegasikan kepemimpinan negara aceh kepada Dewan konsersium kerajaan yang terdiri dari;
1. teuku panglima polim sri muda perkasa Muhammad daud.
2.Teuku raja Keumala.
3.Teungku chik Ditiro mahyeddin dan teungku dibuket(tgk muhammad ali zainal abidin sebagai mudabbirul mulki(kepala negara).adifa

Kemudian jabatan mudabbirul mulki ini jatuh ketangan teungku Chik maat ditiro,ketika panglima polem dan raja keumala menyerah pada tahun 1903.kepemimpinan secara praktis jatuh kepada Tgk mahyeddin dan teungku dibuket,dan ketika ulama ini syahid,kepemimpinan di ambil alih oleh Tgk Maat ditiro.pemuda berusia 16 tahun keturunan dari TGK chik ditiro.SELAMAT MILAD PERJUANGAN KEMERDEKAAN YG KE 38.hari ini bertepatan dengan hari wafat nya pahlawan Tgk maat ditiro. alfatihah untuk beliau.
'uronyo geutanyo angkatan aceh mardeka yang po tanggong jaweub,peuselamat pusaka iskandar mudanyo.uronyo,jeumnyo.gatakeuh yang po nibak ateuh pusaka nibak sultan iskandar muda,beutatupu yum,beutapham makna nibak pusaka rajanyo,(pidato HT pada hari peringatan 350 thn wafat nya iskandar muda)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar